مرحبا بكم في موقع التعليم الالكتروني من الجامعة الإسلامية الحكومية فري فاري

    Cours disponibles

    Mata kuliah ini adalah mata kuliah wajib pd Prodi SKI

    Mata kuliah ini membahas tentang sejarah perkembangan Islam dari mulai zaman Rosul SAW sampai dengan zaman kekinian dengan membahas beberapa referensi wajib yang perlu dibaca mahasiswa sebelum masuk ke kelas.

    kearsipan adalah proses pendokumentasian sebuah peristiwa

    MATA KULIAH INI BERTUJUAN UNTUK MMEMBERIKAN DASAR-DASAR PENGUASAAN BAHASA INGGRIS AGAR MAHASISWA DAPAT BERKOMUNIKASI DENGAN LANCAR, BAIK DAN BENAR SESUAI KAIDAH BAHASA INGGRIS

    Dalam perkuliahan ini di bahas materi mengenai pengertian agama dan psikologi serta bagaimana keduanya bertemu dalam suatu ilmu pengetahuan, ruang lingkup psikologi agama, konsep manusia dalam mazhab psikologi dan dalam pandangan al Quran, perkembangan keberagamaan manusia sepanjang rentang perkembangan manusia yang dimulai dari anak-anak, remaja, dewasa dan usia lanjut

    Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang konsepsi dan teori-teori, aplikasi, model komunikasi politik yang dikaitkan dengan fenomena-fenomena yang terjadi di masyarakat  baik dalam konteks nasional, regional ataupun internasional. 

    mata kuliah ini menjelaskan tentang sistem politik dalam islam

    this subject is aim to develop the students' ability in learning tenses, telling the time, sentences, and paragraph. they can apply in their daily activity conversation and written.

    Pancasila sebagai falsafah dan ideologi negara  

    Materi Ulumul Hadis diberikan kepada mahasiswa sebelum mempelajari hadis. Dalam ulumul hadis dijelaskan pengertian hadis dan sejarah pertumbuhan dan perkembangannya.

    Mata kuliah ini memberikan pemahan mengenai pengenalan perangkat manajemen pemasaran bank syariah yang selanjutnya diarahkan pada implementasi, diantaranya dibahas konsep-konsep manajemen, pemasaran, bank syariah, etika pemasaran syariah dan produk produk bank syariah.  Selanjutnya dibahas tentang berbagai strategi untuk pemasaran dan beberapa analisis dan atau usaha untuk mendapatkan market share pengguna jasa perbankan Indonesia.

    Studi Fikih merupakan salah satu ‘mahkota’ dalam rumpun ilmu-ilmu keagamaan, karena bersentuhan langsung dengan amalan praktis keseharian, baik antara manusia dengan Tuhan maupun antara sesama manusia. Studi Fikih menjadi menu mata kuliah wajib dari jenjang dasar perguruan tinggi.

    1. Deskripsi Mata Kuliah:

    Mata kuliah ini membahas perkembangan kebudayaan dan peradaban umat Islam dalam berbagai aspeknya (politik, ideologi, ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta seni budaya) di kawasan-kawasan Jazirah Arab dan sekitarnya, Afrika Utara, Spanyol, Asia Kecil dan Eropa Timur, Asia Selatan, serta Kepulauan Nusantara sejak masa awal pertumbuhan sampai zaman moderen. 

    Persoalan kalam muncul pada masa akhir pemerintahan usman bin Affan, kemudian mengkristal pada masa Ali bin Abi Thalib. Tentang pengganti halifah. 

    Mahasiswa mengetaahui,memahami,dan menjelaskan tujuan pendidikan Islam

    Terima dengan senang hati menerima mata kuliah hadis tarbawi

    Mata kuliah ini membahas tentang pengertian studi hadis, ruang lingkup studi hadis dan terakhir tentang hadis sebagai sujmber hukum Islam kedua setelah Alquran.  

    Mata Kuliah Ini membahas tentang Akhlak Tasawuf, mulai dari sejarah, pengertian dan ruang lingkupnya.

    Diskripsi mata kuliah dasar-dasar studi keislaman merupakan mata kuliah dasar baru dalam kurikulum (sebagai pengganti mata kuliah pengantar agama islam  dan mata kuliah metodologi pendadikan agama islsm

    Bimtek Cados PPNPN 20171

    Setelah mempelajari materi ini, tentang iman kepada hari akhir siswa diharapkan dapat mengetahui, mengimani dan mengamalkan prilaku iman (meyakini) adanya  hari akhir dalam kehidupan sehari-hari. Strategi dalam pembelajaran yaitu diskusi dan belajar mandiri.

    materi ini akan membahas tentang akhlak tercela, yaitu tentang Riya' dan Nifaq, adapun indikator materi yaitu

    1. menjelaskan tentang pengertian Riya' dan nifaq.

    2. membiasakan diri menghindari akhlak tercela Riya' dan Nifaq

    3. memahami akhlak tercela Riya' dan Nifaq.

    4. menyimulasikan contoh perilaku Riya' dan Nifaq serta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari

    Materi ini akan membahas tentang penyembelihan binatang qurban dan aqikah,materi yang akan di bahas mulai pengertian penyembelihan binatang,syarat-syarat tentang penyembelihan binatang dan tata cara penyembelihan binatang,kemudian pengertian Qurban dan aqikah,hukum tentang qurban dan aqikah,dan semua ketentuan qurban dan aqikah.Metode atau strategi yang di gunakan adalah ceramah,diskusi dan tanyajawab.

    1.penguburan jenzah pada hari ini kita akan belajar mengenai penguburan jenazah 

    2.pengertian kematian kematian adalah merupan  berlaku pada setiap makhluk yang beryawa.sudah menjadi ketentuan bahwa setiap yang hidup pasti akan merasakan mati

    3.dalil tentan kematian  Dan Allahsekali kali tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang ap0abila datang waktun kematiannya dan Allah maha mengwetahui apa yang kamu kerjakan (q.s Al munafiqun 63;11)

    4.pengurusan jenazah 

    Pembelajaran ini memberikan suatu materi tentang ibadah haji merupakan ibadah penyempurna dari rukun islam yang ke lima bila seseorang telah melaksanakn ibadah haji maka sempurnalah islamnya ibadah yang merupakan syariat nabi ibrahim ini mempunyai keistimewaan yang luar biasa materi ini kita akan membahas tentang syarat - syarat haji , rukun haji, pengertian haji, perbedaan haji dan umrah, macam - macam haji yang memberikan pemahaman tentang ibadah haji

    dalam pembelajaran tobat dan raja' bagaimana menjelaskan tentang pengertian tobat dan pengertian raja' kemudian, kemudian menghapal dalil tobat dan raja' kemudian menghapal syarat-syarat tobat dan raja'.

    Mata pelajaran ini membahas tentang beriman kepada kitab-kitab Allah, yang didalamnya membahas mengenai pengertian iman kepada kitab-kitab Allah, macam-macam kitab-kitab Allah, serta hikmah beriman kepada kitab-kitab kepada Allah.Tujuan yang ingin dicapai adalah agar siswa dapat menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah serta dapat menyebutkan nama-nama kitab-kitab Allah dengan benar.Strategi yang digunakan adalah dengan diskusi, pemberian tugas, serta pemberian latihan.

    pada mata pelajaran asmaul husna akan dibahas mengenai nama nama Allaah yang berjumlah 99 nama.adapun beberapa nama asmaul husna adalah arrahman,arrahim,al malik al kudus,assalam,al mukmin,al muhaimin,al azis,al jabbar,al mutakabbir,al khalik dan beberapa nama nama asmaul husna yang lain sehingga berjumlah 99 nama.anak didik diharapkan dapat mengenal dan menghapal beberapa asmaul husna beserta artinya dan memahami artinya.

    wudhu adalah bersuci untuk mengfhilangkan hadas kecil sesuai sesuai tuntunan agama  yang prakteknya mulai dari membasuh tangan sampai menbasuh kaki 

    ibadah puasa merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang di laksanakan selama satu bulan dan di dalamnya mengandung banyak istimewaan dan ini merupakan kesempatan bagi seorang hamba untuk mengumpulkan amal kebaikan untuk mencapai ridho ALLAH SWT. dengan harapan amal inilah yang akan mengantarkan ke syurga ALLAH swt yang merupakan tempat yang di damba-dambakan seorang hamba yang di dalamnya terdapat kebahagian yang kekal.

    Pada pertemuan kali ini kita akan membahas tengtang Mengenal Huruf Hijayyah,dimana pada pembelajaran kali ini siswa di harapkan dapat mengenal huruf hijayyah dengan metode permainan kartu gambar, yang dilakukan dalam proses belajar mengajar  yang menggunakan alat peraga yang tidak membosankan.Alat peraga bisa di lakukan secara indifidu maupun kelompok dalam permainan siswa tdak merasa terbebani.Tujuan pembelajan ini supaya siswa dapat mengenal  huruf hijayyah dan juga dapat menyebutkan  huruf hijayyah itu  dengan benar .

    MENGENAL RASUL-RASUL ALLAH membahas bahan ajar tentang perbedaan antara rasul dan nabi, membahas tentang perbedaan nabi dan rasul

    pada mata kuliah ini secara umum membahas tentang adab islami dalam kehidupan sehari-hari. yang berfokus pada bagaimana mahasiswa mampu memahami nilai-nilai islam dalam berpakaian, berhias, dalam perjalanan, bertamu dan menerima tamu. setelah mahasiswa mampu memahami nilai-nilai islam maka mahasiswa di harapkan mampu menjelaskan fungsi dan tujuan dari nilai-nilai islami dalam berpakaian, berhias, dalam perjalanan, bertamu dan menerima tamu yang sesuai dengan adab islam dalam kehidupan sehari-hari. untuk mencapai tujuan pembelajaran dari adab Islam dalam kehidupan sehari-hari maka pada mata kuliah ini metode pembelajaran yang di gunakan yaitu metode diskusi dan tanya jawab sesama mahasiswa dan dosen pengampuh mata kuliah adab Islam dalam kehidupan

    pada mata pelajaran ini peserta didik dituntun untuk memiliki sifat sabar dan syukur untuk menjalani kehidupan ini. agar dalam berhehidupan bermasyarakat siswa dapat menerapkan sifat terpuji. dalam pembelajaran ini metode yang digunakan yaitu metode ceramah dan tauladan yang saling dicontohkan antar sesama peserta didik. sehingga dalam pembelajaran terjadi umpan balik antara siswa dan guru agar arah pembelajaran lebih tercapai dan dapat lebih dipahamai untuk menunjang keberhasilan pembelajaran.

    pada mata kuliah ini akan membahas tentang fikih dalam islam. fikih dalam islam merupakan kunci ibadah kepada Allah swt. fikih adalah tolak ukur seorang hamba dalam menjalankan kehidupannya dalam ibadah. materi ini meliputi konsep fikih dalam Islam, ruang lingkup fikih, perbedaan fikih dengan syariaat, ibadah dan krakteristiknya tentang sholat, puasa, zakat, haji dan umrah, jual beli dalam islam dan sholat sholat sunnah. tujuan perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu melakukan ibadah dngan benar sesuai yang di ajarkan Rasulullah dalam kehidupan. strategi yang digunakan adalah diskusi, pemberian tugas dan latihan. selamat belajar!!!

    Pada mata kuliah ini akan membahas tentang thaharah yang difokuskan pada pengertian thaharah, maacam-macam hadas, macam-macam najis, tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar serta hikmah thaharah. Untuk mencapai tujuan perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat mengkaji tata cara bersuci, mampu melaksanakan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar, mampu menunjukkan contoh bersuci dari hadas kecil dan hadas besar serta dapat mempraktikkan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar dalam kehidupan sehari-hari. Strategi pembelajaran yang diterapkan adalah diskusi, pemberian tugas dan latihan.

    Materi ini akan mempelajari tentang konsep Ibadah dalam Islam. Dalam pembahasan materi ini meliputi, Konsep dan, karakteristik ibadah, Prinsip-prinsip Ibadah, dan  Adapun tujuan yang kita akan di capai setalah mempelajari materi  ini diharapkan  agar siswa dapat memahami dan menjlaskan konsep ibadah, dan mampu mempraktekka dalah kehidupan sehari-hari. .Adapun strategi yang digunakan pada pembelajaran ini adalah Melaulai Forum diskusi.  

    Dalam pertemuan ini kita akan membahas mengenai sujud diluar sholat. adapun sujud yang dimaksud adalah sujud syukur dan sujud tilawah. sehingga setelah pembelajaran ini berlangsung diharapkan peserta didik mampu menjelaskan pengertian sujud Syukur dan sujud tilawah, peserta didik mampu menyebutkan tata cara sujud tilawah dan sujud syukur dan peserta didik mampu menyebutkan manfaat sujud syukur dan mampu menyebutkan sebab-sebab sujud tilawah. adapun model pembelajaran yng digunakan adalah pedagogiks kontruktivistik artinya peserta didik di giring untuk belajar mandiri hal ini sejalan dengan prinsip kontruktivistik yakni peserta didik bebas membangun pengalaman maupun pengetahuannya sendiri

    pada materi ini kita akan mempelajari tentang Iman Kepada Qada dan Qadar.yang di mana siswa dapat mengetahui tentang iman kepada qada dan qadar. membahas tentang ciri-ciri  qada dan qadar. setelah itu siswa dapat mengetahui perbedaan antara qada dan Qadar. dan dapat mengetahui ayat-ayat yang berkaitan dengan Qada dan Qadar.

    Pada mata pelajaran ini membahas tentang Fiqhi dengan materi shalat berjamaah, menunaikan shalat wajib berjamaah sebagai implementasi dari pemahaman rukun islam. dengan tujuan peserta didik mampu menjelaskan pengertian shalat berjamaah dengan baik dan benar, menjelaskan ketentuan shalat berjamaah dengan bvaik dan benar, dan mempraktekkan tata cara shalat berjamaah dengan benar. dengan menggunakan metode diskusi dan modeling.

    pada mata pelajaran Fiqhi, ada beberapa topik yang akan dibahas diantaranya pengertian shalat jamak dan shalat qashar, tata cara pelaksanaan shalat jamak dan qashar, serta memperagakan tata cara shalat jamak dan qashar. Adapun tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran ini diantaranya untuk mengetahui pengertian shalat jamak dan qashar, untuk mengetahui tata cara shalat jamak dan qashar serta untuk mengetahui memperagakan shalat jamak dan qashar. Metode yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah tanya jawab dan penugasan.

    pada materi  ini kita akan memperlajari konsep tentang kewajiban Zakat.Dalam materi ini kita akan membahas tentang pengertian Zakat,Menyebutkan macam macam zakat dan menyebutkan ketentuan zakat fitrah.dan setelah pembelajaran maka siswa dapat menjelaskan pengertian zakat,menyebutkan macam macam zakat dan menyebutkan ketentuan zakat fitrah

    Mata kuliah ini membahas Pembelajaran Jarak Jauh yang difokuskan pada elearning. Selain membahas materi tentang elearning, dibahas pula mengenai pembelajaran online seperti edmodo dan lain-lain. Untuk mencapai tujuan perkuliahan, mahasiswa diharapkan dapat menggunakan dan mengaplikasikan pembelajaran elearning untuk kepentingan pembelajaran online sesuai dengan matapelajaran yang diampu. Strategi pembelajaran yang diterapkan adalah pemberian tugas,dan latihan.

    Matakuliah Ilmu Pendidikan membahas konsep-konsep dan teori-teori pendidikan, baik teori-teori deskriptif maupun preskriptif, baik yang bersumber dari khasanah keilmuan Islam maupun umum. Melalui matakuliah ini diharapkan para mahasiswa dapat memahami konsep-konsep dan teori-teori pendidikan yang dapat digunakan dalam menjalankan proses pendidikan dan pembelajaran secara tepat, efektif dan efisien dan terhindar dari malpraktik pendidikan. Lebih dari itu, para mahasiswa dapat mengembangkan keilmuan pendidikan secara kreatif yang dapat dikontribusikan kepada masyarakat, bangsa, negara, dan kemanusiaan.
    Komputer adalah sebuah mesin hitung elektronik yang secaracepatmenerimainformasimasukan digital dan mengolah informasi menurut instruksi yang tersimpan dalam komputer dan menghasilkan keluaraninformasiyang dihasilkan setelah diolah.
    Teknologi pembelajaran adalah mata kuliah yang wajib di program oleh mahasiswa calon guru seabgai bekal pengetahuan dan skill untuk menjadi guru profesional
    Mata kuliah Bahasa Arab 1 mempelajari dasar-dasar tata bahasa bahasa Arab sebagai salah satu mata kuliah yang yang harus ditempuh dalam menyelesaikan studi Strata 1 di STAIN Parepare.
    Sosiologi Komunikasi merupakan ilmu yang memadukan antara ilmu sosiologi dan komunikasi, membahas tentang proses interaksi, simbol-simbol yang digunakan dalam proses intrasi antara individu-individu yang melahirkan perilaku komunikasi yang efektif
    Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang berfungsi sebagai petunjuk bagi manusia dalam mengarahkan kehidupannya. Secara garis besar al-Qur’an mengandung ajaran tentang aqidah, syariah, dan akhlak. Untuk dapat mengenal, memahami, dan menafsirkan al-Qur’an tidak hanya berbekal pengetahuan bahasa Arab, melainkan dibutuhkan berbagai macam ilmu guna untuk mengungkap makna yang terkandung dalam al-Qur’an.
    This course aims at giving you an overview of the theories, approaches and methods in teaching English as a second language. You will learn the methods and techniques of teaching language skills and sub-skills. You will also learn the techniques of constructing language test items, scheme of work and lesson plans.
    Hukum Perdata atau biasa jg disebut dengan hukum privat. Hukum Privat membahas tentang hak dan kewajiban dalam hubungan Individual...
    Setelah perkuliahan Mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memberikan konsep baik secara teori maupun praktek dalam memahami pokok-pokok bahasan Pengantar Ilmu Bisnis secara komprehensif.
    Muhadatsah II adalah salah satu mata kuliah khusus yang diajarkan pada prodi Pendidikan Bahasa Arab. Mata kuliah ini berisi pengajaran tentang mufradat dan uslub kalimat dalam rangka berkomuikasi secara syafawi dalam bahasa Arab.
    Mata kulah Ulumul Hadis mengkaji tentang seluk beluk pertumbuhan dan perkembangan Ulumul Hadis, perbedaan Hadis dan Sunnah, serta wilayah kajian riwayah dan dirayah hadis.
    Mata kuliah ini Menjelaskan pengertian, objek dan ruang lingkup ilmu dakwah
    Mata Kuliah Sejarah Peradaban Islam (SPI) merupakan mata kuliah wajib untuk program studi S-1 di Prodi PBA STAIN Parepare. Dalam perkuliahan matakuliah ini mahasiswa akan diarahkan pada cara memahami Islam, baik Islam sebagai agama, budaya dan ilmu. Islam mempunyai rangkaian sejarah panjang yang tidak dapat dilupakan. Dimana dalam konteks peradaban, Islam mempunyai segudang bukti sejarah kemajuan dan perkembangan dari semua aspek.
    Mahasiswa dapat memahami perbuatan yang seharusnya dilakukan oleh seorang profesi dalam menjalankan tugas dan wewenangnya dan bisa memilah milah kasus yang terjadi dengan pelaku profesi hukum
    Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah wajib karena pada saat Anda akan menyelesaikan kuliah, maka harus lulus TOEFL dan memperoleh sertifikat sebagai persyaratan untuk maju ujian skripsi.Oleh karena itu mata kuliah ini disamping untuk bekal setelah menyelesaikan kuliahnya di STAIN , juga untuk persiapan ujian TOEFL.
    Fiqh Muamalah adalah mata kuliah yang mengkaji tentang hukum Islam yang mengatur hubungan antar sesama manusia dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Mata kuliah ini merupakan instrumen penting untuk diberikan kepada mahasiswa syari’ah sebagai bekal untuk mengembangkan konsep dasar (embriyo) hukum ekonomi Islam baik dalam dunia bisnis, dunia perbankan ataupun lembaga-lembaga keuangan syari’ah.
    Filsafat pendidikan memberikan pemahaman dan wawasan tentang konsep dasar pendidikan secara mendasar, filsafat memberikan kerangka dasar berpikir mengenai cara-cara menjawab persoalan pendidikan. Mata kuliah ini mengkaji bidang-bidang pendidikan tentang apa yang ada, bagaimana konstruksi pendidikan dan aksiologi pendidikan.
    Mata kuliah ilmu Kalam membahas tentang Pengetahuan dan kerangka pikir aliran-aliran kalam, sehingga mampu berpikir rasional dan tidak memandang perbedaan sebagai suatu perpecahan dalam Islam, mulai dari sejarah munculnya ilmu kalam, kerangka berpikirnya, aliran-aliran dalam ilmu kalam, doktrin ajarannya dan perbandingan pemikiran aliran kalam.Pengetahuan dan Keterampilan ini dapat dijadikan alat bagi mereka untuk menelaah lebih dalam referensi-referensi perkuliahan.
    : Mahasiswa mampu memahami dan menganalisa Hukum Kewarisan Islam sebagai pedoman dalam penyelesaian masalah
    Nahw 1 adalah sebagai mata kuliah keterampilan, mata kuliah ini diharapkan dapat memberi bekal penguasaan materi dan kaidah-kaidah Bahasa Arab sehingga mahasiswa mempunyai kemampuan dalam memahami literatur berbahasa Arab dan menganalisis struktur bahasa Arab khususnya literatur tentang pendidikan dan pengajaran
    Perkuliahan ini diperuntukkan bagi mahasiswa Program Studi Ahwal as-Syakhshiyyah Jurusan Syari’ah STAIN Parepare dengan maksud untuk membekali mahasiswa akan pengetahuan perihal Fiqh Munakahat I. Materi yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: Dasar-Dasar Umum Perkawinan, Peminangan, Mahar dan kafa`ah dalam perkawinan Islam,Wanita-wanita yang haram dikawini, Masalah Kawin Hamil, Walimah (Resepsi Perkawinan), Masalah Poligami, Perkawinan anak di bawah umur, Perkawinan yang terlarang dan Hak dan Kewajiban Suami Istri.
    Mata Kuliah ini membahas tentangi hukum keluarga Islam baik dari segi historisitas (latar belakang sejarah) perkembangan pembaruan hukum keluarga di dunia Muslim, metodologi yang digunakan dalam perumusan perundang-undangan hukum keluarga serta aplikasinya di lapangan
    Peningkatan kualitas wawasan mengenai kepentingan publik dan kewarganegaraan serta mengerti problematika kontemporer bangsa dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara di era global, sehingga para mahasiswa sebagai calon pemimpin masa depan mampu memberikan kontribusi solusi pemecahan masalah, bukan menjadi bagian dari problem itu sendiri. Terbentuknya warganegara yang memeiliki wawasan, sikap dan perilaku yang berparadigma Pancasila, nasionalisme Indonesia yang tepat, berindentitas nasinal, memberikan konstributif bagi pembangunan bangsa dan negara dalam konsep negara bangsa Indonesia. Pemahaman akan sistem politik dan sistem pemerintahan Indonesia yang konstitusional akan mampu memberikan arti penting setiap warganegara dalam kehidupan politik dan bernegara bangsa yang konstitusional. Mata kuliah ini, juga diharapakan mampu membentuk sikap dan perilaku yang mengerti dan mengargai Hak Asasi Manusia, dalam koridor penunai hak dan kewajiban seseorang sebagai warganegara Indonesia sebagai masyarakat madani (civil society) yang demokratis. Mata Kuliah ini, juga memberikan wawasan kewilayahan negara baik historis, yuridis maupun yurisdiksi nasional Indonesia, sekaligus memberikan wawasan geopolitik dan geostrategi upaya pembangunan segala bidang, serta peran Indonesia dalam ikut serta mewujudkan perdamaian dunia atas dasar kemerdekaan.
    Mata kuliah ini membahas sejarah perkembangan Pendidikan Islam mulai dari masa pembinaan di masa Rasulullah saw., sampai pada masa pembaharuan Pendidikan Islam.
    Mata kuliah ini membantu mahasiswa untuk memperoleh gambaran mengenai pendidikan Islam dalam persfektif sejarah, sehingga dengan melakukan kajian terhadap sejarah pendidikan Islam dapat berdampak dalam pengembangan pendidikan Islam ke depan, baik dari segi konten, tujuan, strategi, maupun evaluasi.
    Matakuliah Ulumul Qur’an ini diperuntukkan bagi mahasiswa Jurusan Syari’ah dan Ekonomi Islam STAIN Parepare dengan maksud untuk membekali mahasiswa pengetahuan tentang Ulumul Qur'an yang mencakup berbagai pokok pembahasan yang diperlukan sebagai salah satu alat untuk memahami kandungan Al-Qur’an. Pengetahuan ini dapat dijadikan sarana untuk menelaah lebih mendalam referensi-referensi perkuliahan. Berdasarkan deskripsi singkat di atas, diperlukan rancangan perkuliahan yang dapat memberikan skill kepada mahasiswa untuk dapat memahami kandungan Al-Qur’an.
    Mata kuliah hukum perdata Membekali Mahasiswa untuk memperoleh ilmu pengetahuan mengenai Hukum Perdata yang berlaku di indonesia, sehingga memiliki apresiasi yang tinggi terhadap hukum tersebut untuk dijadikan pedoman dalam memecahkan masalah-masalah keperdataan di Indonesia. Mengkaji secara mendalam dan memiliki kemampuan dasar mengenai ilmu pengetahuan Hukum Perdata
    Sosiologi Hukum merupakan suatu cabang pengetahuan yang mempelajari tentang hubungan atau interaksi manusia yang di dalamnya ada aspek hukum yang mengikat
    Mata kuliah ini mempelajari tentang upaya peningkatan kualitas aktivitas dakwah dengan seluruh komponen yang terlibat dalam kegiatan dakwah, yakni kualitas sumber daya da,i (SDD), mad,u, materi, sarana, media dan metode. Hal yang penting diperhatikan adalah sejauh mana komponen-komponen dakwah itu diakumulasikan dalam proses pelaksanaan dakwah yang sistematis dan terpadu. Dengan kata lain , dakwah harus mampu memberikan perubahan kepada masyarakat sehingga tercipta suatu tatanan sosial yang penuh kedamaian. Ini tentunya harus dilakukan dengan menggunakan kaidaha-kaidah dalam berdakwah yang disebut dengan fiqhi dakwah., karena suatu perencanaan yang baik harus didasarkan hasil penelitian lapangan secara obyektif.
    mata kuliah yang mengajarkan kompetensi komunikasi antar pribadi berupa kompetensi komuniaksi dan teori teori komunikasi antar pribadi yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dan melakukan komunikasi penyiaran islam

    SUDARMI A1: 15.0211.019

    PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

    PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

    DOSEN : SITTI DARMIA 15.0211.017

    DOSEN : MARWIAH 15.0211.011

    DOSEN: Hj. ALJINNAH

    NIM: 15.0211.009

    Mata kuliah ini membahas analisis statistika inferensial yang difokuskan pada analisis data pendidikan. Selain membahas materi tentang Statistika Inferensial, dibahas pula mengenai uji instrumen penelitian (uji validitas dan reliabilitas), uji normalitas data dan bagaimana menggunakan aplikasi SPSS dalam menganalisis data. Untuk mencapai tujuan perkuliahan, mahasiswa diharapkan dapat menggunakan dan mengaplikasikan statistik inferensial untuk kepentingan pengolahan data hasil penelitian dalam bidang pendidikan. Strategi pembelajaran yang diterapkan adalah diskusi, pemberian tugas,dan latihan.